Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Sepeda Gunung

Melakukan exercise dengan bersepeda menggunakan sepeda gunung contohnya, adalah ide yang bagus untuk berpetualang dan menikmati keindahan pemandangan di alam terbuka, juga untuk menjaga tubuh agar tetap segar bugar.


Selain menantang andrenalin, bersepeda menuruni perbukitan nan asri bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan pikiran, namun ada sedikit resiko tentunya.

Meskipun sedikit berbahaya, jika kita berkendara dengan hati-hati, kegiatan bersepeda dengan sepeda gunung bisa menjadi kegiatan yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Kategori dan Jenis dari Sepeda Gunung

Sepeda gunung dapat dikelompokan atau dikategorikan dalam tiga kelompok berbeda - Downhill, Trials, Cross Country dan Sepeda Gunung Slalom Jump.

Meskipun ketiganya terlihat mirip, namun nyatanya ketiga kategori ini membutuhkan keterampilan atau teknik skill yang berbeda dalam penerapannya.

Dari tiga tipe style bersepeda gunung yang anda sukai dan pilih nantinya akan menentukan jenis tipe sepeda gunung yang akan dipakai.

Dikarenakan perkembangan dari cabang olahraga sepeda gunung yang kian meningkat dan menjadi cabang olahraga populer, terdapat beberapa tipe dan jenis sepeda gunung yang bisa anda pilih. Tergantung dari gaya bersepeda anda.

Dibawah ini anda akan mendapati tips memilih jenis atau tipe sepeda gunung.

1. Cross Country 

Bisa dibilang kalau hampir semua pesepeda gunung bisa cocok dan memilih kategori ini. Tipe sepeda gunung jenis ini sangatlah ringan membuat sepeda ini sangat nyaman di kayuh di segala medan, baik di jalan yang menurun atau tanjakan. Sepeda gunung yang sering dijumpai di jalan.


2. Sepeda Gunung Downhill 

Diperuntuhkan bagi biker yang ingin lebih serius lagi dalam berkendara sepeda gunung yang mendambakan petualangan di alam yang bermedan berat.


Sepeda ini biasanya dilengkapi dengan suspesi yang ada pada depan dan belakang, dibuat dari bahan yang kuat, lengkap dengan rem cakram. Jenis ini memang jarang dipajang di toko-toko sepeda, hanya tersedia jika ada pesanan. Sebagian biker juga sering memesan dengan spsifikasinya masing-masing.

3. Sepeda Gunung Trials 

Jika anda tertarik untuk mencoba tipe sepeda gunung trial ini, maka anda diwajibkan untuk memiliki keterampilan khusus dalam mengendarainya, olahraga yang satu ini bisa dikategorikan dalam olahraga xtreme.

Mirip dengan sepeda downhill, biker sepeda gunung trial lebih memilih untuk mengkostum sendiri sepedanya ketimbang membeli yang sudah di pajang di toko sepeda.

4. Sepeda Gunung Slalom Jump 

Karena di rancang untuk lompatan, bahan yang kuat menjadi pokok dari sepeda gunung yang satu ini. Sering di pasangi suspensi depan yang kokoh dan komponen pendukung yang kuat. Tipe sepeda gunung ini merupakan yang paling populer dikalangan pecinta Sepeda Gunung.


Bahkan jika anda yang masi pemula dalam hal mengendarai sepeda gunung, olahraga ini dapat memberikan kesenangan tersendiri. Itulah beberapa tipe sepeda gunung yang dapat anda pilih, sesuai dengan gaya berkendara anda.

Jika masi belum yakin atau belum tahu mana yang pas untuk dibeli, cobalah satu per satu tipe sepeda gunung diatas, dan pilihlah mana yang menurut anda paling cocok dengan gaya bersepedamu.

5. BMX 

Sepeda BMX masuk dalam kategori jenis sepeda gunung, dengan ukuran roda 20 inch, biasanya trek yang digunakan di taman untuk skateboard atau di dirt jump.


Dikarenakan mempunyai roda dan ban yang lebih kecil dari sepeda biasa, sepeda BMX lebih mudah dalam melakukan trik dan stun.

Lokasi Yang Tepat Untuk Bersepada Gunung

Penerapan untuk olahraga ini memang dikhusukan pada medan jalan yang tidak beraspal.

Dikarenakan di daerah kita masi belum banyak tempat yang dibuat untuk olahraga sepeda gunung, maka dari itu sebelum memutuskan untuk mengayuh sepeda gunung anda, ada baiknya melakukan kordinasi dengan pemandu lokal yang ada untuk mendalami rute yang ada, regulasi, dan mengetahui rute medan yang tidak boleh dilalui, demi keselamatan anda bersepeda.

Anda bisa juga mencari dan bergabung dengan komunitas grup pecinta sepeda gunung, dan mengikuti kompetisi yang ada.

Bisa mencari informasi dari internet atau koran lokal jika sekiranya di area tempat tinggal ada terdapat komunitas sepeda gunung lokal. Sangatlah dianjurkan untuk bergabung di komunitas, apalagi bagi anda yang baru saja terjun di olahraga ini.

Menjadi Pengendara Sepeda Gunung Terbaik

Stamina dan ketahanan tubuh adalah dua syarat mutlak yang harus ada jika ingin menjadi seorang biker sepeda gunung.

Itu juga memerlukan ambisi dan latihan untuk sukses menjadi seorang pesepeda yang melalui semua proses dengan baik.

Sama halnya dengan cabang olahraga yang lain, sepeda gunung butuh waktu dan latihan juga. Adalah hal yang wajar dan umum bagi pemula jika terjatuh dari sepeda dan terluka.

Perhatikan hal Berikut Sebelum Membeli Sepeda Gunung

Tipe jenis sepeda gunung yang anda pilih merupakan pilihan sendiri, yang menentukan anda mau bersepeda pada kategori apa, apakah Downhill, Free Riding, atau Cross Country.

Terdapat juga banyak pilihan sepeda gunung yang ada, dengan berbagai pilihan style, bentuk, dan juga harga, yang mungkin akan membuat anda kesulitan dalam memilih.

Yang bisa anda lakukan adalah melakukan riset pencarian di internet mengenai harga sepeda gunung terbaru, dan mulai membandingkan harga dari sekian banyak sepeda yang ada, sebelum melakukan pembelian.

Sebelum sepeda anda bawa pulang, kalau bisa, minta ijin ke penjual untuk bisa melakukan test riding, atau mencoba sepedanya dulu.

Yang perlu diperhatikan juga sebelum membeli adalah, kenyamanan dari sepeda, cocok tidaknya dengan postur tubuh, sampai pada geared-nya harus anda perhatikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Sepeda Gunung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel