8 Panduan Penting Membeli Sepeda Gunung Untuk Pemula

Terkadang dalam memilih sepeda gunung dapat membuat frustasi, juga memerlukan banyak waktu untuk berpikir. Dibawah ini, saya sudah menuliskan beberapa tips untuk anda pemula yang bingung dalam mengambil keputusan untuk membeli dan membawa pulang sepeda gunung ke rumah.


1. Perkirakan Harga 

Tidak ada batasan untuk berapa banyak uang yang dapat anda keluarkan dalam membeli sebuah sepeda gunung.

Untuk membantu anda mengerem pengeluaran agar tetap terkontrol, anda harus menetapkan range harga atau kisaran harga yang menjadi patokan anda, dan berapa besar sebenarnya kemauan anda untuk membeli sebuah sepeda gunung baru.

Saat membeli, diharpakan belilah di toko sepeda lokal yang menyediakan sepeda gunung di area tempat tinggal anda, selain lebih murah, juga akan mendapat servise yang bagus.

2. Menemukan Yang Cocok 

Semua tipe sepeda gunung dirancang dengan berdasarkan beberapa gaya berkendara dan tipe jenis medan jalan.

Anda harus menyadari tipe jalan apa yang setiap hari anda lalui. Rute manakah yang selalu dialui, Jalan aspal yang bagus, medan pegunungan, atau menuruni bukit terjal?, pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda berkendara agar tidak salah dalam membeli tipe sepeda gunung.

Selain itu, haruslah pas atau cocok dengan gaya berkendara dan juga postur tubuh anda. Pilihan harus datang dari kemauan diri anda, bukan dari kemauan penjual.

3. Sepeda Gunung Full Suspensi atau Hard Tail 

Jika kemampuan uang anda bisa mendapatkannya, sepeda gunung dengan full suspensi adalah yang paling saya rekomendasikan untuk anda beli.

Sepeda gunung Hard tail, tidak dilengkapi dengan shock atau suspensi, meski lebih ringan jika dibandingkan dengan sepeda gunung yang memiliki setingan full sespensi, namun kenyamanan dan kestabilan dapat anda rasakan di sepeda gunung yang bersuspensi.

4. Mencari Yang Terfavorit 

Adalah suatu yang sulit bila membandingkan sepeda gunung dengan melihat dari komponen-komponennya, mengingat saat ini terdapat banyak sekali kombinasi komponen yang tersedia, apalagi bagi pemula yang masih awam.

Maka cara terbaiknya adalah dengan menemukan satu komponen dasar yang paling butuhkan dan paling penting, lalu setelahnya bandingkan dengan kemapuan daya beli. Bisa dimulai dari komponen sepeda seperti fork, roda dan pedalnya.

5. Penjualan dan Musim Diskon

Selama se tahun, harga suatu sepeda gunung dapat besifat fluktuatif atau berubah-ubah. Jika di luar negri, musim semi dan musim panas adalah waktu yang kurang tepat saat membeli sepeda gunung, dikarenakan banyak orang akan membeli dan membuat harga cenderung naik.

Jadi ingin berhemat, mereka menunggu sampai musim gugur atau musim dingin untuk membeli, karena banyak toko sepeda yang menawarkan diskon untuk pembelian sepeda gunung dan juga aksesorisnya.

6. Tempat Yang Tepat 

Ketahuilah, mencari toko atau tempat yang tepat adalah tindakan yang lebih bijak daripada mencoba menemukan harga yang baik.

Temukan tempat yang menawarkan sepeda gunung yang berkualitas baik, daripada yang menawarkan kepada anda sepeda yang harganya mahal, karena mahal tidak selalu berkualitas, dan harga murah tidak selalu berkualitas buruk.

Lebih bagus lagi jika menemukan tempat atau toko sepeda yang mempunyai jasa reparasi sepeda gunung.

7. Uji Coba Berkendara 

Anda yang masih pemula dianjurkan untuk mencoba setiap sepeda gunung yang menjadi incaran, yang tentunya masuk dalam range harga.

Disitu akan didapati mana yang cocok dan yang tidak. Lebih banyak yang di coba, maka akan menemukan mana yang memang betul-betul sesuai dengan kemauan anda.

8. Lakukan Research 

Untuk mengetahui daya tahan dan performa dari sebuah sepeda gunung, dapat dikehui dengan melakukan sedikit research atau penelitian lewat internet dengan membaca review dari orang-orang yang telah lebih dulu membeli produk yang tengah menjadi incaran.

Itu merupakan hal akhir yang dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli sebuah sepeda gunung, khsusunya bagi anda yang masih pemula.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Panduan Penting Membeli Sepeda Gunung Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel