Cara Melumasi Sepeda Gunung Yang Benar

Bersepeda berkeliling dengan sepeda gunung memang sangat menyenangkan, namun jangan lupa untuk memperhatikan perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan.

Anda seharusnya melumasi sepeda gunungmu ini lima belas jam atau lebih sebelum memaikainya, bila melumasinya dengan terburu-buru akan ada bagian dari gear yang akan terlewati.


Pelumas akan bertahan dalam beberapa saat saja sewaktu anda bersepeda, namun jika didapati gearnya atau rantai sudah kering, saatnya untuk melumasinya lagi. Begini cara melumasi sepeda gunung dengan benar:

1. Rantai 

Aplikasikan pelumas di rantai sambil memutar pedal memutar kedepan. Dengan tangan memegang rangka agar dapat seimbang saat mengayuh pedal dengan tangan. Berhati-hatilah dengan engkol dan rantai cincin saat mengayuh pedal.


2. Derailleur Depan dan Belakang 

Lumuri pelumas di dua bagian ini, dengan sambil menggerakan tuas pengganti gigi / shift.
 


3. Pedal 

Ada beberapa jenis pedal yang dapat diberi pelumas dengan membuka penutupnya, anda harus melumasinya jika pedal sepeda gunung anda punya mekanisme seperti itu.

 

4. Bagian Yang Berbunyi

Sementara mengayuh pedal, coba gerakan Sepedanya, gerakan tuas gear, di angkat dan dilepaskan, jika anda mendengar suara mencicit, itu tandanya bagian yang berbunyi itu harus di beri lube.


5. Mengelap dengan Bersih 

Sehabis memberi pelumas di seluru bagian yang ada pada sepeda gunung anda, langka selanjutnya adalah mengelapnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Melumasi Sepeda Gunung Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel